Rancang Bangun dan Pokok Perubahan Yang Dilakukan
Seringkali dalam pelaksananaan akeditasi petugas membuat dokumen dengan nomor yang sama dan tanggal yang sama sehingga ketika diurutkan ternyata tumpang tindih dan tidak tertib administrasi. Dikarenakan pembuatan SK oleh petugas KMP dan SOP dikerjakan di Unit atau ruang layanan sehingga tidak satu pintu dalam penomoran sehingga sering terjadi penomoran ganda. Dokumen akreditasi pun tidak dapat diidentifikasi yang masih berlaku dan yang sudah kadaluarsa.
Akhirnya Petugas IT dan Pokja KMP membuat suatu inovasi yang berbasis komputer agar dapat digunakan oleh semua petugas dalam menginput atau membuka nya, dibuat pada tahun 2020 bulan Januari awalnya masih membuat 3 Pokja ( ADMEN- UKM – UKP ) namun pada perjalanan nya dibuat 7Pokja (KMP, UKM-Esensial, UKM – Pengembangan, UKPP, Mutu, Sarpras, Jejaring) pada tahun 2021. Sidokar Atau Sistem Informasi Dokumen Akreditasi Merupakan Aplikasi yang dibuat oleh TIM Sekretariat Administrasi Manajemen UPT Puskesmas Ciruas yang di gunakan
untuk mengolah Dokumen Akreditasi, pada awalnya penomoran dokumen di lakukan secara manual dan tidak sistematis dan belum terkomputerisasi, sehingga menyulitkan dalam penomoran dan pengarsipan data secara bentuk digital. yang terdiri dari pokja :
1. Pokja KMP (Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas )
2. Pokja UKM (Usaha Kesehatan Masyarakat ) Essensial
3. Pokja UKM (Usaha Kesehatan Masyarakat ) Pengembangan
4. Pokja UKP (Usaha Kesehatan Perseorangan )
5. Pokja Jejaring,
6. Pokja Sarana prasarana alat (SPA),
6. Pokja Mutu
SIDOKAR adalah inovasi yang berbentuk digital dengan berbasis desktop yang digunakan dalam lingkup internal Puskesmas Ciruas untuk mengurutkan nomor dokumen baik itu SK, SOP, dan Pedoman atau Panduan internal dan eksternal maupun Kerangka Acuan. Penomoran dokumen menggunakan sistem huruf dan angka per pokja. Pokja KMP kode A, Pokja UKM -Esensial Kode B, Pokja UKM-Pengembangan Kode C, UKPP Kode D, Jejaring kode E, Pokja Sarpras kode F, dan Pokja Mutu Kode G. Untuk Pedoman angka 1, untuk SK angka 2, untuk SOP angka 3, untuk Kerangka ACuan Kegiatan angka 4, dan untuk Pedoman eksternal angka 5
Manfaat SIDOKAR :
Tujuan Inovasi Daerah – SIDOKAR :
Waktu Uji Coba Inovasi Daerah :
Hasil Inovasi :
Waktu Implementasi :
___________________________________________________________________________